Sunday, September 9, 2012

Trik Menentukan Titik Sumur Bor


Di musim kemarau seperti sekarang mulai terasa sangat sulit mendapatkan air, terutama buat penduduk yang belum memiliki jaringan air bersih dari perusahaan air minum daerah setempat ataupun mereka yang memanfaatkan air sumur.

Terkadang air disumur juga terkadang tidak begitu baik jernih apalagi bersih, tetapi ada juga sebagian orang yang tinggal diperkotaan ingin mendapatkan air dari sumur tapi yang agak simple seperti sumur bor karena tidak memerlukan diameter lubang sumur yang besar seperti sumur sumur konvensional yang besar dan dalem tapi cuma sebatang pipa yang menonjol dan di pasang keran air atau dipasangpompa air. inilah yang disebut sumur bor, sumur yang dihasilkan dengan jalan memasukan pipa kedalam tanah dan mata bor pada titik titik tertentu yang dianggap memiliki sumber mata air.



Kegagalan sering terjadi karena tidak ditemukannya sumber mata air, artinya pipa tidak menyemburkan air keatas walau kedalaman sumur mencapai 15 meter atau lebih.

Berikut ada tips sederhana dari orang orang yang biasa bergelut pada pekerjaan membuat sumur bor, mereka menggunakan teknik analisa lapangan dahulu sebelum melakukan pengeboran, diantaranya :

1. Menggunakan garam.
Bahan : garam (tidak harus garam yang ber-yodium)
Caranya : Kira-kira jam 7 atau jam 8 malam letakanlah 1-2 genggam garam diletakkan di atas permukaan tanah yang akan di bor, kemudian tutup rapat dengan kaleng bekas susu atau ember plastik.
Kemudian pada pagi harinya silahkan lihat garam tersebut, jika habis atau tinggal sedikit berarti pada titik tersebut mengindikasikan mengandung banyak air tanah.
Jika perlu taruhlah garam dan kaleng/ember plastik tersebut pada beberapa titik sekaligus.

2. Menggunakan daun pisang/lembaran plastik
Bahan : beberapa lembar daun pisang atau lembaran plastik ukuran 30 x 50 cm.
Caranya : Ambillah beberapa lembar daun pisang atau lembaran plastik, kemudian taruh pada beberapa titik yang akan di bor atau digali. waktu meletakannya sekitar jam 21.00 atau jam 22.00

Pagi harinya silahkan lihat embun yang menempel pada daun pisang tersebut (pada bagian bawah daun tadi). Semakin banyak embun yang menempel semakin banyak cadangan air bawah tanah tersebut.

Keterangan sekalian catatan :
Teknik dan cara menentukan titik sumur bor Dengan metode tersebut di atas adalah semata mata untuk mengetahui kandungan air tanah. Kualitas hasil airnya tidak dapat diketahui sampai dengan proses pengeboran selesai.

Semoga bermanfaat untuk sesama dan mari manfaatkan air sebaik baiknya.

No comments:

Post a Comment